Kamis, 26 Agustus 2010

Cerita untuk menyadarkannya (satu postingan yg sangat sulit ku mengerti)

21.35 WaKoMY . . .
Postingan hari ini aku berniat menceritakan kejadian seru hari ini. Kejadian yang bisa membuatku ngakak berjam-jam, menghilangkan sedikit rasa sakit yg sedang ku rasakan.

Kelompok Pinus merkusii ngadain buber sore ini. Harusnya sih ada banyak anak yg dateng. Cuma, karena satu dan lain hal, cewek2 gak pada mau dateng. Alhasil, buber sore ini cuma dimeriahin oleh Pandawa + zacky. Sekedar informasi, pandawa adalah nama dadakan buat selompok anak gila yg suka nongkrong bareng. Very (baca : tua), denny, puguh, adit, dan saya sendiri. Kami terbilang nekat karena meng-klaim kegilaan kami sendiri. Tapi inilah adanya. Keadaan di jogja merubah kami menjadi edaners yg siap berbagi ceria dimana pun kami berada.
***
Pandawa sudah stand-by di rumah makan (*ngudi rejeki-red) 20 menit sebelum buka.
Kami mengubah suasana warung yg padat itu menjadi suasana 'rumah sendiri'. Dengan obrolan ringan yg sudah kami ridukan, kami menghangatkan pertemuan 5 sahabat yg sudah sekian lama tidak bersatu padu.
sambil menunggu pesanan,kami juga menantikan seorang bernama zacky. Dia adalah makhluk terkocak yg pernah saya temui di jagat raya ini. Gambaran umum untuk dia secara melintang, mirip primus. Dari belakang, rambut cukup cepak sedikit awut2an mirip Vino G. Bastian. Kenampakan secara nyata dari depan, mata belok (kalo kita ngliat sambil merem), gigi rata (besar2 dan bertaring), hidung besar, berjas dan bercelana cupu. Kalo anda susah membayangkan, ingatlah saja wajah Mr. Bean. Dia tidak jauh berbeda dg bintang tamu kami sore ini.
Sudah dapat gambaran tentang makhluk ini? Disinilah awal tawa yg bisa menghibur saya. Sebelumnya,demi kemaslahatan umat, obrolan kami yg sesungguhnya berbahasa jawa kami ubah ke dlm bhs indonesia.
"assalamu'alaikum.." dia menyapa.
"lho kok gak ada ceweknya ni?" msh dia yg bicara.
"iya ni. Cewek2 pada ngebatalin janji gara2 tau bakal ada km." very nyaut.
"asem..." kata zacky
Matanya langsung tertuju pada hidangan yg kami pesan buat dia. Nasi 2 piring + sambal + lalapan + seonggok burung goreng. Tanpa babibu dia berucap.
"kobokan mana kobokan??mbak mbak (manggil pelayan) kobokannya mana?!"
Blm dijawab sama pelayan, tangan tu anak udah nyomoL makanan.
Pemandangan yg sangat mengerikan ketika dia melahap makanan didepannya. Dia melakukan mutilasi terhadap mayat burung goreng tanpa belas kasihan. Sayapnya,kakinya, kepalanya, semua terpotong dg sadis dan kemudian dilahapnya seperti raksasa yg sedang kelaparan. Tangan kanan kiri bergerak secara aktif dan berirama menunjukkan keteraturan dg kombinasi yg sangat matang. Mulutnya dipenuhi makanan dan sesekali mengobrol dg kondisi sperti itu. Kami sampai bingung hrs menunjukkan ekspresi seperti apa. Ketika dibayangkan, aku sendiri mengkategorikannya aneh bercampur funny yg agak gimana gitu.
tuuuuuuttttt.....
Kami sudah ada di kosan jarot (baca : very).
Motivasi kami berada disini adalah utk menikmati makanan gratis seadanya yg bakal dia hidangkan. Mungkin terlalu berharap ya. lagian susah juga kalo ngarepin jarot punya makanan.
Setelah memasuki sesi santai dan ramah tamah,si zack mulai beraksi.
"heh, ada 'itu'nya gak ni leptop?" sambil berkedip2.
"opo??" veri nyautin..
"hallah itu lho..." zacky lg
"puasa... No no no." jawab very
"telpon puguh aja suruh bawa koleksinya kesini..." lanjut very
Tik tok tik tok...
Setengah jam berlalu,,
Satu jam...
Lebih...
Puguh gak nongoL juga.
Muncul ide gila dari anak2 lain.
"kerjain aja fb nya..."
Kami mulai berkutat mencoba konek ke fb. Search... Temukan puguh!
Kompakan, berlima kami ngumpat2in dia dg gaya becandaan kami. Maklum lah udah setaun kami akrab. Kami udah bisa guyon2 dg cara kami sendiri.
Eh.. Timbul reaksi dari pacarnya puguh.
"ngapain si kok pada ngomong kasar??"
Aku bls komen dia.
"itu tu puguh,masa' puasa2 ngajak nonton b*k*p?"
Terus very kasih komen juga
"poso2 le, ojo ngajakin sing ora2."
Artinya : puasa2 dik, jangan ngajakin berbuat yg tidak2..
denny ikutan juga
"mosok ning markase jarot mung arep nonton iku?"
Artinya ; masa' ke markasnya jarot cuma mau nonton gitu??
Kami semua cekikikan setelah itu. Terbayangkan gmn pucatnya muka si puguh ketika ceweknya nanti nanyain ke dia tentang itu.
Ya amplopp...
Dasar anak2 gila dan gak berperi kemanusiaan. Ngerjain temen sampai menghanguskan imej yg sudah tertulis baik selama ini.
Udah gitu, puguh gak marah pula. Cuma senyam senyum gak jelas. Akhirnya kami pula yg kudu ketawa liat muka pasrahnya...

Suasana penuh tawa tergolong sangat jarang kami temui di jogja. Itulah kenapa momen penuh kekeluargaan seperti ini sangat berkesan buat kami. Jika tulisan seperti ini tidak bisa membuat anda berpikir seberapa hangat suasana malam ini, anda coba bayangkan berada di lingkungan yg penuh dg individualisme masyarakat disekitar anda. Saat orang yg bisa anda nggap saudara mungkin sangat sulit anda temui,apa yg anda rasakan?
Jenuh? Sepi? Bosan?
semua bahkan akan mnjadikan anda seorang yg individualis juga.

Buat teman2 saya yg tidak terbiasa bergaul dan menerima adanya teman, mulai skrg bljr lah bergaul. Suasana hangat bisa anda rasakan ketika km punya org2 yg bisa meramaikan hidupmu.
Jogja adalah kota yg keras. Jangan bikin jogja lebih keras lagi karena prilaku kaku para pendatangnya

*tulisan amburadul ini ditujukan untuk makhluk2 non-sosialis yg merasa menghuni strata teratas di kehutanan UgM. Buat siapa saja yg keberatan,silakan hubungi saya.*


Wassalam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar