Kamis, 02 September 2010

Aku jadi Mahasiswa Beneran

Assalamualakum…
Selamat malam
Ketemu lagi ya! Cukup lama nggak posting dikarenakan kesibukan mendadak, akhirnya hari ini aku memutuskan untuk menuruti hasratku bermain kata-kata.
Postingan kali ini akan menceritakan kisah hari-hari lalu yg waktu itu aku nggak sempat membaginya di blog ini.
Rabu, 1 September 2010…
Hari ini lain dari biasanya karena dengan sangat mengejutkan aku bersemangat berangkat kuliah jam 7 pagi. Biasanya aku lebih memilih bergaul dengan mimpi dan sesekali harus merelakan temanku meniru tanda tanganku di lembar absensi. Sangat luar biasa ketika aku merasakan keajaiban datang menghampiriku. Haha… mungkin karena aku dapat hidayah? Ya semoga saja! Amiin!!
Bermodalkan sedikit semangat dan tekat aku mengawali hari ini dengan bacaan basmalah. Bertolaklah ragaku menuju kelas KTA (Konservasi Tanah & Air). Sedikit informasi, aku adalah seorang mahasiswa semester 3 di Faculty of Forestry, Gadjah Mada University dengan program studi yg ku gandrungi adalah Konservasi Sumber Daya Hutan / KSDH (baca : Forest Resource Conservation).
Mata kuliah ini sangat sangat pas dengan bidangku. Aku pikir ini akan sangat membantu jika aku mau rajin dan penuh semangat mengikuti kuliah ini. Ternyata tuhan membalas semangat ku dengan memberiku dosen yg Luar Biasa ! dosen ini cukup berumur, tapi masih Nampak g4ho03lLzZ!! Walaupun terlihat gak matching dengan kostumnya (jeans biru muda + sepatu trecking kehitaman berpadu dengan batik coklat kekuningan yg serasa menyolok mata) tapi dosen ini mampu menyuguhkan suasana berbeda sehingga kelas yg penuh sesak itu dipenuhi oleh aura-aura positif. Bener-bener tulisan yg gak jelas!
Tampil apa adanya tapi sangat bisa menyuntikkan motivasi buat mahasiswanya. Setidaknya itu kesan pertama yg timbul dari gaya nyantai yg disuguhkan kepada kami.
Kelas kedua adalah Inventarisasi Sumber Daya Hutan…
Mata kuliah yg akan menyeret kami ke dalam hitungan-hitungan ber-basic Statistic yg sudah tentu bakal menjadi satu daftar warning buat aku dan teman-teman (kebanyakan) kecuali mereka2 yg cerdas dan tidak bermasalah dengan hitungan.
Untuk kedua kalinya semangatku mulai terpacu setelah dengan sengaja pak Dosen menyuntikkan kepada kami wejangan-wejangan dahsyat!
Beliau mengawali kuliah pagi itu dengan cerita tentang pengalaman dan perjalanan hidupnya. Beliau pernah belajar di Jepang! Negara yg saat ini menjadi impian ku! Sangat menarik cerita yg beliau berikan tanpa sengaja memberikan ku cambukan-cambukan positif. Kata-kata beliau yg paling mengena buat ku pagi itu adalah. “Tidak perlu orang yg cerdas atau anda menjadi super pandai untuk menjadi luar biasa. Cukup dengan anda mau belajar dan bekerja sedikit keras, anda bisa melakukan apa saja.”
Inspirasi yg luar biasa ketika beliau bercerita tentang Negara sakura menjadikan ku semakin ingin pergi kesana. Semoga saja ini bukan hanya mimpi, tapi bisa jadi sebuah kenyataan nantinya. Kesana untuk menjadi orang yang sukses. Amiin…
Kuliah ketiga : Pendidikan Kewarganegaraan…
Seorang professor yg sudah (nuwun sewu) sepuh memasuki kelas kami. Untuk ketiga kalinya datang seorang dosen yg membuatku terus menyalakan semangat kuliah pada hari itu. Hahaha..
Mau tau kenapa? Karena berulang kali dia memanggilku ‘cah bagus’ (bahasa Indonesianya anak ganteng). Walau pun termasuk dosen yg perfeksionis dan nampaknya akan sangat ‘a lot’ memberikan nilai, beliau tetap seorang motivator baik hari itu buat saya pribadi. Pengetahuan umum kami di uji pada hari itu. Semua ditanyakan termasuk nama-nama bendera negara2 maju, nama presidennya, menteri2 kabinet Indonesia Bersatu 2, sampai pelajaran sejarah pun dibahasnya. Gila banget! Semua dia hapal dan sangat up2date dibandingkan kami, mahasiswa. Ya layak banget kalo akhirnya kami dihina2 dan ditindas2 karena memang kami yg serba gak tahu. Hahaha!
Buk Puasa Bersama KSDH…
Hari itu pula aku merasa untuk pertama kalinya menjadi keluarga besar KSDH seutuhnya. Jadi panitia buka bersama membuatku berbaur dengan sesame anggota KSDH. Forestation, nama keluarga KSDH ternyata sangat menyenangkan. Menyesal kenapa selama ini aku harus sering sakit dan terpaksa gak bisa andil tiap KSDH ngadain acara. Kemudian aku menyadari, inilah keluarga ku di Jogja ini. Merekalah sahabat, teman, rekan, kakak, pembimbing buat aku selama aku hidup di Jogja ini.

Hari ini aku tutup dengan kegembiraan. Alhamdulillah..
Pertama kali menjunjung tinggi semangat kuliah, pertama kali menyadari dan merasakan kedekatan erat bersama teman2ku. Semoga ini pertanda baik buat ke depannya. Amiinn!!!

Bersambung…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar